Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

G-Code Pada CNC Simulator Pro

Belajar G-Code Pada CNC Simulator Pro

Tampilan Program G-Code CNC Simulator Pro

CNC Simulator Pro merupakan software atau perangkat lunak yang digunakan sebagai simulasi dalam media pembelajaran mata kuliah CNC/CAM. Secara bahasa, CNC merupakan kependekan dari Computer Numerical Control (CNC), dimana pergerakan mesin, pergerakan tool (pahat) pada mesin cnc dikendalikan berdasarkan perintah numerik yang kemudian numeric tersebutlah dikenal dengan istilah Program G-Code. Berbagai macam perintah G-Code tersebut dibuat dan dinyatakan dalam bentuk bahasa pemrograman berupa Kode G dan Kode M (G-Code dan M-Code). Perintah tersebut nantinya akan diterjemahkan menjadi simulasi berupa berbagai macam gerakan. Adapun gerakannya dapat berupa gerak linear, melingkar serta gerakan lain sesuai dengan yang kita inginkan.
Karena CNC Simulator Pro adalah perangkat lunak (software), maka hasil simulasi yang dimaksud ialah ditampilkan dalam bentuk visual pada layar monitor PC atau laptop yang kita gunakan. Pada tampilan tersebutlah sebagai visualisasi atau gambaran bagaimana hubungan antara bahasa perintah (G-Code) dengan pelaksanaan pada operasi kerja mesin yang bersangkutan.
Sebelum belajar jauh mengenai pemrograman G-Code maka, agar dapat memudahkan kita dalam proses pembelajaran CNC Simulator Pro maka ada beberapa parameter kemampuan yang harus kita miliki oleh seorang Mechanical Engineering, berikut parameter-parameter kemampuan yang harus dimilikinya:

1.      Mampu Bermain Logika
CNC Simulator Pro merupakan software simulasi dengan dasar logika atau penalaran, karenanya sejauh mana kita mamu menciptakan program G-Code diukur dari sejauh mana kita dalam memiliki kemampuan bermain logika secara kuat dan akurat. Beberapa kasus yang terjadi kesulitan dalam belajar G-Code ialah lemahnya kemampuan kita dalam bermain logika atau dalam kata lain dalam berimajinasi. Sehingga dengan ini kekuatan kita berimajinasi berperan penting untuk percepatan pembelajaran materi tentang G-Code.

2.      Menguasai Perhitungan Matematis
CNC Simulator Pro merupakan software simulasi dengan perintah numerik sebagaimana dijelaskan diatas, sehingga bagi kita yang akan membuat sebuah program harus memiliki kemampuan menghitung dengan tepat, cepat dan akurat. Perlu di ingat bahwa G-Code yang yang akan kita gunakan nantinya selalu berhubungan dengan perhitungan untuk menentukan kapan kita melakukan pergerakan pahat dengan pemakanan dan kapan kita melakukan pergerakan pahat tanpa pemakanan.
Tidak lepas dari yang telah disebutkan diatas, jika kita sebagai seorang engineer dan lemah dalam perhitungan matematika maka akan mempersulit dan memperlambat kita untuk dapat menguasai materi tersebut. Dengan demikian, kemampuan kita dalam perhitungan matematis menjadi faktor penting untuk penguasaan materi G-Code pada CNC.

3.      Menguasai Perintah Dasar G-Code
CNC Simulator Pro merupakan software simulasi yang pergerakan simulasinya bekerja sesuai dengan perintah G-Code. Jika kita memiliki penguasaan dasar-dasar G-Code maka kita dapat membuat program G-Code yang sesuai kita inginkan. Untuk mendapatkan penjelasan detail G-Code silahkan klik Perintah Dasar G-Code.
Perintah dasar G-Code diibaratkan sebagai modal atau buku pedoman seseorang engineer dalam melakukan penyusunan G-Code. Dengan demikian, penguasaan buku pedoman dasar tentang perintah-perintah G-Code harus dikuasai secara menyeluruh atau komperehensif.

4.      Harus Instal Software CNC Simulator Pro dan Sering Berlatih
Prinsip belajar software agar cepat faham dan cepat bisa salah satu tips paling topcer adalah kita harus memiliki instalan softwarenya dilaptop atau computer kita sendiri. Begitu halnya dengan belajar software CNC Simulator Pro, kita akan cepat faham pembuatan program G-Code jika kita memiliki softwarenya serta sering berlatih. Tidaklah mungkin kita mahir dengan cepat, jika kita hanya mengandalkan belajar software CNC Simulator Pro hanya dijam kelas perkuliahan saja. Jika dalam belajar CNC Simulator Pro mendapati kesulitan silahkan klik Tutorial CNC Simulator Pro Untuk belajar via Youtube.


Selain kemampuan-kemampuan yang telah saya sebutkan tadi diatas, mungkin untuk beberapa kasus yang bersifat khusus anda atau kalian sebagai seorang mechanical engineering harus memiliki kemampuan-kemampuan (skills) tambahan yang lain.

Skill atau keterampilan lain yang harus dimiliki diantaranya ialah:

1.      Mampu membaca gambar teknik.
Seorang mechanical engineering atau bahkan seorang designer engineering yang berkecimpung di dunia permesinan CNC harus gemar dengan gambar-gambar teknik. Yaa minimal atau paling tidak harus familiar dengan pembacaan gambar-gambar teknik. Hal paling mendasar ialah, nantinya pekerjaan-pekerjaan yang ada di lapangan akan didominasi oleh perintah awal berupa gambar teknik yang harus di integrasikan ke dalam pemesinan yang menghasilkan profile benda tertentu sesuai dengan perencanaan atau pemesanan awal design melalui software CAD/CAM.

2.      Menguasai konversi satuan-satuan
Seorang mechanical engineering maupun seorang design engineering (drafter) yang berkecimpung di dunia permesinan CNC akan selalu bersahabat dengan satuan-satuan Internasional. Dimana pada umumnya kita akan bersenggama dengan satuan-satuan yang bersifat presisi, misalnya satuan nol koma sekian inchi (in) atau bahkan dengan satuan millimeter (mm). Dengan kondisi seperti ini maka seorang drafter harus memahami satuan-satuan tersebut, terlebih juga dengan sifat pengkonversiannya. Hal ini akan sangat dibutuhkan apabila pada kasus tertentu kita mendapat perintah pesanan dalam satuan yang berbeda dengan satuan standar yang digunakan pada mesin CNC.

3.      Memiliki keterampilan berbahasa asing
Selain satuan, seorang mechanical engineering maupun seorang design engineering (drafter) yang berkecimpung di dunia permesinan CNC akan selalu bersahabat dengan bahasa-bahasa asing. Dimana bahasa asing tersebut banyak dijumpai pada software CAD/CAM, Software controller, maupun istilah-istilah pada perintah mesin CNC. Dengan demikian penguasaan bahasa asing akan menjadi vital, agar menjadi faktor pendukung dalam pekerjaan yang digelutinya.

4.      Mampu mengoperasikan software-software CAD maupun CAM
Tidak dapat dipungkiri bahwa selain handal & mahir dalam mengoperasikan perkakas CNC, seorang supervisor di departemen produksi yang menangani pemesinan CNC juga harus didukung dengan penguasaan beberapa software-software CAD/CAM. Hal ini akan memili korelasi penting disetiap tahapan-tahapan pelaksanaan produksi mulai dari planning pendesainan melalui software design CAD/CAM.

Jika sobat teknikmesin-indo membutuhkan materi yang berkaitan dengan Tutorial CNC Simulator Pro silahkan klik pada pilihan dibawah ini:
Jika ada pertanyaan, silahkan sobat teknikmesin-indo bisa tulis pertanyaan melalui kolom komentar pada halaman ini.

Sekian, Jika ada kekurangan atau kekeliruan mohon dikoreksi.
Kami tunggu komentarnya dari sobat. Terimakasih.

Ditulis oleh: Taufik Fadilah
Ditulis : Oktober 2017
Diperbaharui : 2 Februari 2019
Taufik Fadilah
Taufik Fadilah Halo sobat teknikmesin-indo, saya Taufik Fadilah. Saya adalah seorang yang mencintai ilmu dan selalu senang belajar dengan hal baru. "Jadikan ilmu sebagai tongkat utk menuntun kehidupan yang lebih baik"

2 komentar untuk "G-Code Pada CNC Simulator Pro"

  1. mas aku mau nanya tampilan punya aku nggak bisa dibuat tampilan mesin cnc bubut tuh cara gimana biar bisa tampiulan cnc bubut bukan miling

    BalasHapus
  2. mas cara buat jadi tampilan mesin cnc bubut gimana mas ???

    BalasHapus