Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Program G-Code CNC Bubut (Turning) Poros Bertingkat pada CNC Simulator Pro

Contoh Program G-Code CNC Bubut (Turning) Poros Bertingkat pada CNC Simulator Pro

Program G-Code CNC Turning pada Poros Bertingkat

Download Software CNC Simulator Pro

Halo sahabat teknikmesin-indo, pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara membuat Program G-Code CNC Turning pada Software CNC Simulator Pro pada pengerjaan Poros Bertingkat.

Tutorial ini saya buat dikarenakan beberapa teman-teman banyak yang masih kebingungan dalam penyusunan G-Code untuk CNC Turning pada pengerjaan poros bertingkat.

Sebagaimana telah disebutkan pada materi sebelumnya yaitu tentang Belajar Dasar G-Code CNC. Bahwa kunci agar kita cepat faham dan mahir dalam melakukan serangkaian pembuatan koding CNC melalui G-Code adalah salah satunya kita harus banyak-banyak berlatih.

Berlatih yang dimaksud tidak cukup apabila hanya dilakukan sekali dua kali saja, namun harus dilakukan secara kontinu dan berulang-ulang secara terus-menerus hingga kita familiar dengan kode-kode dan bagaimana dalam peletakkan serta penggunaannya.

Sudah menjadi barang tentu, sebelum kalian berlatih untuk membuat program G-Code CNC maka sudah pastikan terlebih dahulu bahwa Software CNC Simulator Pro telah terinstal pada laptop atau komputer anda.

Baik, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara membuat Program G-Code CNC Turning pada Software CNC Simulator Pro.

Baik langsung saja untuk tahapan-tahapan nya ialah sebagai berikut:
1.   Silahkan buka Software CNC Simulator Pro pada laptop atau komputer anda. Jika anda belum instal silahkan instal softwarenya terlebih dahulu seperti pada tutorial ini, klik Cara Install Software CNC Simulator Pro.

2.   Setelah Software CNC Simulator Pro terbuka, Silahkan ikuti langkah-langkah postingan saya yang sebelumnya, ingat !! ikuti tahapan-tahapannya sama persis dengan yang saya postingan sebelumnya. Atau bisa klik ini untuk melihat postingan sebelumnya.
Catatan: Pada tahap ke-11 dipostingan sebelumnya, pastikan mengisi Diameter (50 mm) dan panjang (123 mm)

3.  Pastikan mengikuti tahapannya dengan benar sampai terbuka lembar kerja seperti gambar dibawah ini.

4.  Kemudian hapus tulisan [replace with first tool number] sampai muncul index tool (pahat) seperti pada gambar dibawah ini.


5.    Pada saat muncul index pahat yang tersedia, silahkan pilih tool T1 Right and Roughing


6.    Kemudian silahkan hapus lagi tulisan (Enter your CNC code here). Lalu tekan enter 3X untuk space penyusunan program G-Code yang akan dibuat.

7. Untuk Melakukan penyusunan program silahkan kalian bisa langsung Copy & Paste Program dibawah ini:


G00 G21 M03 S4500 F100
G01 Z0
X47
Z100
Z40
X41
Z100
Z85
X37
Z100


8.      Jika sudah Copas, silahkan klik tombol start untuk mensimulasikannya sampai hasilnya seperti pada gambar dibawah ini.


Jika sobat mengalami kesulitan dalam men-setting program awal, silahkan sobat bisa mengikuti tutorialnya via Youtube dengan Klik Tutorial Program Absolute G-Code CNC Simulator Pro.

Jika sobat teknikmesin-indo membutuhkan materi yang berkaitan dengan Tutorial CNC Simulator Pro silahkan klik pada pilihan dibawah ini:
 
 Jika ada pertanyaan, silahkan sobat teknikmesin-indo bisa tulis pertanyaan melalui kolom komentar pada halaman ini.

Sekian, Jika ada kekurangan atau kekeliruan mohon dikoreksi.
Kami tunggu komentarnya sobat. Terimakasih.

Ditulis oleh: Taufik Fadilah
Diperbaharui : 2 Februari 2019
Taufik Fadilah
Taufik Fadilah Halo sobat teknikmesin-indo, saya Taufik Fadilah. Saya adalah seorang yang mencintai ilmu dan selalu senang belajar dengan hal baru. "Jadikan ilmu sebagai tongkat utk menuntun kehidupan yang lebih baik"

5 komentar untuk "Contoh Program G-Code CNC Bubut (Turning) Poros Bertingkat pada CNC Simulator Pro"

  1. Mantap!. Apakah metode ini bisa digunakan di berbagai merk turning cnc?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas. karena G-Code CNC itu secara teori pd prinsipnya sama dan itu berlaku disemua negara didunia..

      Hapus
  2. Mas g92 itu gimana pemogramannya?

    BalasHapus